Mengenal Panitia Lokal KI Pemalang

Sebuah acara tidak dapat berjalan secara maksimal tanpa adanya panitia di dalamnya. Adanya kepanitiaan akan mempermudah pembagian tugas dan fungsi bagi masing-masing anggotanya. Sehingga setiap orang memiliki kejelasan mengenai tugas apa yang harus dilakukannya dalam mendukung suatu acara. Sama halnya dengan pelaksanaan Kelas Inspirasi Pemalang juga dibentuk kepanitiaan lokal (Panlok). Panitia Lokal ini anggotanya sebagian besar berasal dari putra putri Pemalang yang juga dibantu oleh rekan-rekan dari daerah lain yang telah berpengalaman di KI sebelumnya.

Kepanitiaan di Kelas Inspirasi Pemalang ini ada 5 divisi yang masing-masing memiliki tugas dan fungsinya masing-masing. Untuk lebih mengenal apa saja divisi yang ada di KI Pemalang, berikut ini akan dijelaskan beserta dengan tugas dan fungsinya :

1.Divisi Rekrutmen

Pelaksanaan Kelas Inspirasi panitia lokal akan bekerjasama dengan sejumlah pihak seperti relawan pengajar dan dokumentator. Mengapa perlu bekerjasama dengan para relawan ini? karena pada saat Hari Inspirasi para relawan inilah yang akan memberikan presentasi dan mendokumentasikan kegiatan selama KI berlangsung di kelas-kelas yang menjadi target inspirasi yang jumlahnya tidaklah sedikit.

Di sinilah Divisi rekrutmen menjalankan perannya untuk “mencari” para calon relawan yang akan bergabung pada saat Hari Inspirasi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

2. Divisi Mercahandise

Merchandise seringkali digunakan sebagai kenang-kenangan setelah berakhirnya sebuah event. Dalam kegiatan KI, merchandise juga menjadi media untuk pengumpulan iuran, mengingat kebutuhan sejumlah fasilitas pendukung kegiatan. Berbagai macam jenis kenang-kenangan ini  nantinya akan disiapkan oleh divisi merchandise yang dalam pendistribusiannya juga melibatkan semua panitia KI.

3. Divisi Publikasi dan Dokumentasi (Pubdok)

Fungsi Publikasi, di sini para anggota divisi memfokuskan untuk memberikan informasi sebanyak-banyaknya mengenai pelaksanaan kegiatan KI kepada masyarakat luas melalui berbagai media, seperti media sosial, media massa, maupun media elektronik (radio). Sedangkan untuk memperlancar kegiatan di dalam wilayah Pemalang dilakukan audiensi kepada sejumlah pihak, seperti dinas terkait maupun lembaga  swasta.

Fungsi dokumentasi, lebih memfokuskan pada pendokumentasian kegiatan KI, mulai dari persiapan kegiatan, terlibat dalam rekrutmen relawan dokumentator,  serta menjadi divisi terpadu dalam pengumpulan hasil dokumentasi pada saat hari Inspirasi dari para relawan dokumentator.

4. Divisi Acara

Divisi Acara lebih memfokuskan pada pembuatan rencana kegiatan KIP 2017 . Dengan pihak sekolah, divisi acara melakukan pendekatan melalui survei untuk mengenal pihak sekolah dan kondisi sekolah. Dengan para relawan, divisi acara memberikan informasi lebih detail mengenai pelaksanaan hari inspirasi melalui briefing dan technical meeting.

5. Divisi Fasilitator

Bersama dengan divisi acara, divisi fasilitator juga melakukan survei ke sekolah yang di dalamnya memuat tugas yang lebih mendetail sebagai penghubung informasi terkait penyelenggaraan KI Pemalang. Lebih jauh, divisi ini juga menjadi penghubung antara KI, relawan, dan pihak sekolah mengenai hal substansial mengenai KI maupun pada saat Hari Inspirasi. Selain itu, divisi ini juga memfokuskan pada pelaksanaan Hari Inspirasi dan refleksi bersama dengan divisi acara.

Kelima divisi ini nantinya akan saling berkomunikasi satu sama lain sebagai bentuk koordinasi dalam persiapan hingga pelaksanaan hari inspirasi. Bersama dengan koordinator utama KI Pemalang, sekretaris, dan bendahara semua anggota bekerjasama untuk dapat memberikan yang terbaik untuk terlaksananya KI Pemalang yang pertama di tahun 2017 ini. Dengan membawa harapan untuk dapat memberikan manfaat bagi daerah, semoga KI Pemalang 2017 dapat berjalan dengan lancar.

Leave a Comment