Menuju Kelas Inspirasi Pemalang 2017

Kelas Inspirasi yang merupakan salah satu lanjutan dari Gerakan Indonesia Mengajar telah banyak terlaksana di berbagai  kabupaten dan kota di Indonesia. Kabupaten Pemalang yang berada di provinsi Jawa Tengah juga tidak ingin melewatkan kesempatan untuk membangun gerakan serupa  setelah 2 daerah tetangganya, yakni Tegal dan Pekalongan, sudah terlebih dahulu melaksanakan acara ini. Pada kegiatan Kelas Inspirasi di Kabupaten Pemalang perdana kali ini panitia menggandeng total 7 Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang berada di wilayah sekitar pusat kota Pemalang. Meskipun kali ini baru 7 sekolah yang digandeng, harapan ke depannya tentu kami ingin bisa lebih banyak menjangkau sekolah-sekolah yang ada di wilayah Pemalang.

Seperti apakah gambaran Kelas Inspirasi Pemalang?

Kelas Inspirasi adalah sebuah gerakan para profesional turun ke sekolah dasar secara serentak selama satu hari untuk memberikan gambaran tentang profesi mereka, yang saat ini masih menjadi cita-cita bagi anak-anak. Satu hari spesial inilah yang disebut sebagai Hari Inspirasi. Pada kegiatan Kelas Inspirasi Pemalang, hari inspirasi yang dipilih jatuh pada tanggal 16 September 2017.

Untuk mempersiapkan teknis pelaksanaan Kelas Inspirasi Pemalang, telah dibentuk panitia lokal pada bulan Februari lalu. Panitia Lokal ini akan menjembatani bertemunya para profesional dengan anak-anak di 7 sekolah dasar pada hari inspirasi. Selain panitia lokal, nantinya akan ada banyak pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Kelas Inspirasi seperti fasilitator, inspirator, dan dokumentator.

Relawan Inspirator

Inspirator ini berasal dari berbagai bidang pekerjaan. Ada polisi, tentara, dokter, pemadam kebakaran, pilot, arsitek, guru, dosen, manager, pengusaha, pelukis, seniman, penulis, penyanyi, dan lain sebagainya. Pada saat Hari Inspirasi, Inspirator akan mengisi kelas selama beberapa menit, lalu bergantian dengan relawan lain. Mereka memberikan penjelasan tentang pekerjaan masing-masing dengan bahasa yang mudah dipahami anak-anak. Penjelasan yang diberikan dapat didukung dengan alat peraga seperti gambar, buku, foto, boneka, atau perlengkapan lain yang mendukung. Para relawan dibebaskan memilih cara mengajar sesuai kreatifitas masing-masing.

Yang diharapkan dari Kelas Inspirasi Pemalang

Tujuan utama Kelas Inspirasi adalah menginspirasi anak-anak untuk bersemangat mengejar cita-cita. Maka yang lebih utama untuk dibagi oleh para inspirator adalah pendidikan karakter.

Diharapkan setelah hari inspirasi berlangsung, hal-hal yang akan diingat anak adalah :
1. Budi pekerti
Cita-cita mulia hanya bisa diraih oleh mereka yang berbudi pekerti baik. Patuh pada guru, berbakti pada orang tua, santun berbahasa, dan kasih sayang pada sesama.

2. Cita-cita bukan tujuan.
Setiap profesi dimasa depan bukan merupakan tujuan hidup ini, melainkan hanya jalan atau cara, untuk beribadah dan juga berbagi manfaat pada sesama. Inti dari setiap pekerjaan adalah menjadi ‘manusia yang berguna’ bagi nusa bangsa dan agama.

3. Tangguh
Terkadang hidup tidak berjalan sesuai yang diharapkan. Maka melalui kelas inspirasi ini, diharapkan kelak anak-anak makin tangguh manakala apa yang dicita-citakan belum mendapatkan jalan. Mungkin karena keterbatasan ekonomi, atau ada hal lain yang menjadi kendala. Para inspirator bisa memberikan bekal, memberi inspirasi bahwa jika satu jalan tertutup, seribu jalan masih terbuka lebar untuk menggapai cita-cita. Pantang menyerah, itulah karakter manusia tangguh yang akan meraih masa depan gemilang.

Tagline Kelas Inspirasi Pemalang

Berdasarkan kesepakatan panitia Kelas Inspirasi Pemalang, diputuskan bahwa tagline atau motto Kelas Inspirasi Pemalang ialah Ikhlas Menginspirasi Anak Indonesia. Di dalam kalimat tersebut mengandung arti dan tujuan yang ingin dicapai oleh KIP yang diambil dari motto kabupaten Pemalang yakni Ikhlas. Artinya dalam melaksanakan Kelas Inspirasi Pemalang selalu didasari dengan keikhlasan untuk memberikan inspirasi bagi semua pihak khususnya anak-anak sekolah. Dalam praktiknya nanti kami yang tergabung dalam panitia lokal, fasilitator, inspirator, maupun dokumentator dapat memperluas peranan kami tidak hanya di Pemalang, tetapi juga di daerah lainnya di Indonesia. Sehingga kami bisa senantiasa memberikan manfaat bagi sekeliling kami melalui semangat menginspirasi.

Seperti apakah pelaksanaan Kelas Inspirasi Pemalang perdana ini?

Simak terus info Kelas Inspirasi Pemalang dan nantikan open rekrutment relawan pengajar/ inspirator dan relawan dokumentator di www.kelasinspirasipemalang.org

Leave a Comment